10 Dampak Positif dan Negative Otaku.

OTAKU
Tau apa itu Otaku?
Bagi yang belum tau, Baca dulu disini.


  Nah.. udah tau kan apa itu Otaku. Sekarang mari kita bahas 10 dampak positif dan negative menjadi Otaku.

   Setiap hal memiliki sisi negtive dan positif. Semua itu tergantung anda yang menjalankannya. Nah bagaimana dengan kaian yang jadi Otaku? apa ada dampak negtive nya? nah simak dulu dampak positif dan negatifnya.

Positif
1. Berfikir Kreatif
  Yap. Banyak Otaku yang menjadi orang kreatif karena memiliki inspirasi dari anime/manga yang mereka baca dan akhirnya mencoba menerapkannya di dunia nyata.

2.Menjadi Imajinatif dan penuh dengan pikiran yang unik
    Siapa sih yang gabisa berimajinasi? Semua orang bisa. Tapi jangan coba ngelawan Imajinasi para Otaku deh. Mereka ini punya imajinasi yang tinggi dan membuat mereka juga berfikiran unik dan berbeda dengan temannya pada umumnya karena mereka sering mengaitkannya dengan hal hal di Anime.

3.Tidak akan terjerat pergaulan bebas
    Ohh yang ini mah tentu saja. Otaku itu biasanya kalau udah nontonin Anime yang genrenya PAS sama dia, pasti susah deh disuruh berenti makanya mereka gabakal mecem macem dengan anak nakal yang membawa mereka ke pergaulan bebas.

4. Dapat menghasilkan
  Kok menghasilkan? Yo iyo. Kan mereka berfikir kreatif. mereka bisa saja memanfaatkan hobinya ini untuk berusaha seperti berdagang figure, Joki download anime, atau ikut di beberapa web manga dan penyedia anime. Bisa juga jadi cosplayer. Dan penghasilannya lumayan. 
5. Biasanya mengerti komputer atau internet
  lohh mereka kan seneng anime bukan komputer. kok bisa?  Ya jelas dong. Nonton anime kan di pc,laptop Dsb. Kalau ternyata yang mereka download sub nya inggris?? ya mereka harus nyari lagi. Ehh pas ketemu ternyata gabisa dibuka karna media playernya(:V). yaa dari situlah mereka mengerti Internet dan Komputer
6. Ceria dan gampang naikin mood
  Bukannya Otaku tu anti sosial? Eiitss gajuga lohh.. Justru Otaku itu sebenernya pribadi yang menyenangkan dan ceria. Kalo mereka udah nonton anime, persaan mereka bakalan seneng dan bakal naikin moodnya. Jadi gausah susah pake jalan jalan segala.
7.Mudah menyesuaikan diri jika ada teman sesama otaku
 Wuaah yang ini mah gausah ditanya. Kalo sesama Otaku udah ngumpul, gabakal ada yang namanya kehabisan topik pembicaraan. 

8. Dapat berbahasa inggris cukup baik
  Of course. Mereka bisa aja salah dowload anime dan malah jadi sub inggris. Bagi mereka yang punya kuota lebih sih yaa download lagi. Tapi kalo kuotanya abis? yaudah tonton aja yang ada. Dengan Anime sub inggris itulah mereka belajar berbahasa inggris.

9. Berwawasan luas
  Anime itu juga sumber ilmu lohh.... wawasan dapat didapat dari mana saja termasuk Anime. Mereka bisa mengetahui tentang pengetahuan umum, negara lain, Bahasa asing dan juga kebudayaan bangsa lain melalui anime yang mereka tonton. 
10.Mengerti Kebudayaan Jepang
   Dengan menonton Anime, mereka akan mendapat pengetahuan tentang negara jepang seperti bahasa, adat, pendidikan,dll.

Negative


1.Banyak yang menjadi Anti Sosial
   Di sisi lain, banyak juga Otaku yang gak seneng bergaul karna udah terlalu kecanduan sama anime.
2. Pilih-pilih teman
   Nah ini dia yang dialami salah satu teman saya. Dia menjadi pendiam dan sulit bergaul. Hanya ingin bergaul dengan orang yang ada didekatnya saja dan yang sepikiran dengan dia.
3. Berfikir berlebihan.
   Yup. Imajinasi mereka tidak terbendung maka dari  itu terkadang ada juga Otaku yang terlalu berlebihan dalam berimajinasi dan slalu disangkut-paut kan dengan anime.
4.Boros
   Bagi mereka yang cukup fanatik, pasti akan membeli marchandise dari anime kesukaan mereka. seperti contoh sebuah Action Figure Ori Levi Attack On Titan. Pasti banyak yang memburu padahal harganya diatas 1jt an dan fungsinya hanya untuk dilihat dan dipajang. Nah mereka inilah yang saya masud boros.  Sedangkan yang lainnya mungkin sering menghabiskan uang untuk ke J-Fest, beli barang jejepangan, dan terutama kuota buat download anime( ini sih semua otaku pasti.) 

5. sulit bekerja.
   Beberapa orang bisa menghasilkan dari hobi mereka. Tapi bagi mereka yang manja dan sukanya menyendiri, jangan harap dapat penghasilan dan bekerja maksimal

6.  Kurang mencintai budaya bangsa
   Beberapa Otaku lebih menyukai jepang ketimbang negaranya sendiri karena mereka berlebihan dalam menyukai anime.

7. Fisik kurang terlatih
   Bagi mereka yang menyukai anime ganre action dan sports sih gausah ditanya olahraganya. Tapi kalau yang sukanya genre romance,comedy dan hal lain yang membuat mereka menghabiskan waktu hanya untuk menonton anime tanpa berolahraga, tentu akan membuat fisik mereka lemah dan kurang terlatih 

8. Malas
 Seperti yang sudah dijelaskan. kalau sudah nonton anime, mereka akan sulit berhenti dan menjadi malas melakukan berbagai hal.

9. Kekurangan Fisik
  karena mereka sering menonton anime dan menghadapi layar gedget mereka, mereka akan sakit mata seperti minus. atau bisa juga  sering lemas karna kurang olahraga

10.  Sulit dihibur
LOhh bukanya tadi bilangnya gampang naikin mood?? Iya tapi kalau lagi ga ada anime? bagi Otaku yang anti sosial mereka hanya bisa dihibur oleh sedikit hal.

Yup itu dia sisi negative dan positif menjadi Otaku menurut Ani-View.

 Semuanya sih tergantung pada diri kalian masing masing. "Kenali dirimu dan perbaikilah kekuranganmu"
DAN JANGAN LUPA UNTUK SELALU MENCINTAI BANGSA INDONESIA ~
~~ Arigatou ^0^

Streaming Online & Download Anime

Share on Google Plus

About farhan nur

9 comments:

  1. anjer :v buat nya itu bayangannya dari gw apa ya :v
    woah :v bagusin lagi blognya :v

    ReplyDelete
  2. negatif nya ada di ane smua -_-

    ReplyDelete
  3. Bagi gw, yg sisi negatif nya ada yg kurang. Yaitu orang lebih berfikir mesum dikarenakan nonton anime yg berbau ecchi dan hentai...-_-

    ReplyDelete
  4. Sagne sama chara 2d termasuk negative nggak? hihi :v btw blognya bagus kak

    ReplyDelete
  5. Iya juga sih dampaknya lumayan besar gitu, tapi lebih baik jadi otaku daripada jadi ADM (tau kan, yang lagi tren seperti kids zaman now dengan pergaulan yang duhhh beserta geng motornya) anti sosial memang terkesan sangat tidak baik bahkan kita jadi penyendiri dan kesepian. Tapi, Itu juga dapat melindungi kita dari pergaulan yang dapat merugikan dan juga mengacau kan masa depan (terjerat narkoba, dll) saran sih, cari partner (walaupun bukan sesama otaku) biar tidak terlalu kesepian

    ReplyDelete
  6. Jadi penyendiri emg hal buruk? Bukannya itu tergantung dari masing" yah? Kecuali jadi pemurung, baru itu hal yang buruk.. Buat yang gagal paham coba check Kamus dan bedain Penyendiri dan Pemurung btw Blognya gabut tapi bagus lah :v

    ReplyDelete
  7. Ku dulu otaku akut,sampe-sampe ku selalu begadang buat nyelesaikan animenya,tapi ada temanku yang bilang bahwa liat film kartun sampe begadang itu ga ada gunanya,maka dari itu mulai dari sekarang,saya berhenti berteman sama teman saya itu

    ReplyDelete