Sering Dengar Kata "Matsuri"? Apakah Matsuri Itu???

Seringkali kita dengar acara acara jepang yang menggunakan embel embel "matsuri" di belakang acaranya seperti saja contohnya Ai No Matsuri, JakJapan Matsuri dan Jiyu Matsuri serta masih banyak lagi event-event jejepangan yang menggunakan kata matsuri di  belakangnya. Tapi sebenarnya, apakah arti dari matsuri itu sendiri????

Image result for matsuri

Menurut sumber wikipedia, Matsuri adalah istilah agama Shinto yang berarti persembahan ritual untuk Kami(Sembahan dalam agama Shinto). Dalam pengertian sekulermatsuri berarti festival atau perayaan. 
Secara singkat matsuri dapat juga diartikan secara kasar dengan festival/perayaan.

Di negara Jepang sendiri, banyak sekali Matsuri yang diadakan dalam satu tahunnya. Biasanya acara ini ditujukan sebagai rasa syukur atau untuk acara keagamaan yang diadakan oleh kuil Shinto atau kuil Buddha. Tiga contoh matsuri terbesar di Jepang yaitu Gion Matsuri, Tenjin Matsuri dan Kanda Matsuri. 

Di Indonesia sendiri banyak acara jejepangan yang menambahkan kata matsuri di belakangnya. Namun, tidak semua acara jejepangan bisa kita sebut Matsuri yaa. Biasanya event event yang membubuhi kata Matsuri di acaranya akan menghadirkan unsur unsur tradisional jepang seperti tarian,lagu atau yang paling terkenal yaitu Bon Odori. Sedangkan acara acara seperti AFA( Anime Festival Asia) atau acara J-Fest di mall mall biasanya, tidak menggunakan kata matsuri karena tidak menyuguhi unsur budaya tradisional jepang kepada kita.

Jadi, menurut kalian lebih asik ke Japan Matsuri yang kental akan budaya jepang seperti Jak-Japan Matsuri atau ke Festival Pop Jepang seperti AFA???
Image result for jak japan matsuri
Jak Japan Matsuri

Image result for AFAID
Anime Festival Asia (AFAID)

Streaming Online & Download Anime

Share on Google Plus

About farhan nur

0 comments:

Post a Comment