Apa itu Gundam dan Gunpla?



Gundam (Jepang: ガ ン ダ ム dibaca "GANDAMU") atau lebih tepatnya di sebut GANDAM
Adalah Anime dengan genre Mecha/robot yang menampilkan robot raksasa  yang disebut "Mobile Suit" atau yang lebih dikenal dengan sebutan "First Gundam" adalah serial anime TV Series yang dibuat oleh Hajime Yatake dan Yoshiyuki Tomino  dan diproduksi oleh Sunrise Inc.

Gundam pertama kali di rilis tanggal 7 April 1979 hingga 26 Januari 1980,  serial anime ini memiliki 43 episode yang kemudian di remake untuk ditayangkan di teater dan pada akhirnya dibagi menjadi tiga buah film pada tahun 1981. Hingga saat ini anime gundam sudah menjadi puluhan serial dan yang sedang on going yakni seri "iron-blooded orphans".

 Seiring berjalannya popularitas anime ini, maka Bandai sebagai perusahaan mainan raksasa di Jepang membuat "Gundam Plastic Model Kit" atau disingkat menjadi Gunpla.


Apa Itu Gunpla???
Gunpla(ガンプラ Ganpura) atau yang lebih dikenal dengan kepanjangan "Gundam Plastic Model kit"adalah plastik Model kit Gundam  yang Pembuatan gunpla diadaptasi dari anime berjudul Mobile Suit Gundam dan diproduksi oleh Bandai. meski demikian, saat ini sudah banyak perusahaan lain yang juga membuat Gunpla selain Bandai seperti Hongli,Daban,McM, dll.. 

Dalam pembuatan Gunpla, kita perlu memotong dan menyatukannya. namun tidak diperlukan lem dalam perakitannya. tetapi tetap,untuk jaga jaga ada part yang patah, alangkah baiknya kita siapkan lem seperti power glue. Untuk teman teman yang baru mulai merakit gundam, namun takut kesulitan, jangan khawatir. Di setiap kerdus telah disediakan guide book/buku panduan perakitannya. kita hanya perlu mengikuti langkah langkahnya secara berurutan dan teliti. karena kadang ada part yang jika sudah disatukan, agak susah lepasnya.

Model Kit Gundam memiliki beberapa skala berdasarkan gradenya, skala gundam antara lain 1:144, 1: 100, 1: 60 dan 1:48 untuk ukuran yang paling besar/mega size. Grade pada Gunpla yakni Hg,Rg,Mg dan Pg


Streaming Online & Download Anime

Share on Google Plus

About farhan nur

0 comments:

Post a Comment